Gali Potensi Titanium, Jambi Tingkatkan Kerjasama dengan Korsel

Pemerintah Provinsi Jambi terus meningkatkan kerjasama dengan Korea Selatan (Korsel) untuk menggarap potensi pertambangan, khususnya titanium yang terkandung di wilayah tiga kabupaten, meliputi Kabupaten Merangin, Sarolangun dan Bungo.
Kepala Biro Humas Pemerintah Provinsi Jambi, Haroen Sa`ad mengatakan di Jambi, Senin, Pemerintah Provinsi Jambi sejak tahun 2003 sudah bekerjasama dengan Korsel menggarap potensi pertambangan yang ada, diantaranya emas.
“Pada 2005 ini kerjasama itu terus dilanjutkan untuk menggarap potensi tambang titanium,” katanya.
Ia menyebutkan, investor Korea Selatan sebelumnya sudah melakukan penelitian dan pengkajian tentang berbagai potensi Sumber Daya Alam (SDA) di Provinsi Jambi yang akan digarapnya, termasuk titanium itu.
Hasil penelitian dan pengkajian itu ditemukan tiga potensi SDA yang sesuai dan akan menjadi sasaran garapan, yakni emas, titanium dan batu bara.
Pada setiap kerjasama atau pengolahan SDA yang dilakuan, warga setempat akan dilibatkan, baik sebagai pemilik saham maupun sebagai pekerja.
Pemerintah Provinsi Jambi dan kabupaten yang wilayahnya memiliki potensi tambang itu juga telah sepakat bahwa warga setempat akan dilibatkan antara lain dengan kepemilikan saham sebesar lima persen, dan pemerintah setempat sebesar 25 persen.
“Selain itu, para tenaga kerjanya diprioritaskan dari warga setempat, agar warga juga merasa memiliki dan menjaga keamanan dan kelanjutan perusahaan tersebut,” kata Haroen Sa`ad. (*/erl)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: