Wisata Alam Hingga Dunia Gaib(jambi)

 Kabupaten Kerinci
Wisata Alam hingga Dunia Gaib

GEMURUH Air Terjun Telun Berasap sudah terdengar dari tempat parkir kendaraan. Saat kaki melangkah menuruni jalan setapak yang telah disemen, suara gemuruh air terjun pun makin keras.Telun Berasap adalah air terjun alam yang tercurah dari sungai dengan ketinggian lebih dari 50 meter. Air terjun ini terletak di Desa Telun Berasap, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Lokasi ini berada sekitar 500 kilometer barat Kota Jambi atau 200 kilometer tenggara Padang, Sumatera Barat.Agar sampai ke dekat air terjun, dari pintu masuk kawasan selepas tempat parkir kendaraan terdapat jalan tangga menurun yang curam. Ratusan anak tangga terdapat di jalan curam itu dengan diselingi tiga lokasi tempat beristirahat. Jalan menurun dan naik kembali dari lokasi bawah di lereng itu dibuat terpisah.Melalui anak tangga menurun yang curam itulah pengunjung bisa tiba di shelter terdekat dengan air terjun. Di tempat itu pula percikan air lembut seperti asap menerpa tubuh. Percikan air berasal dari pertemuan air yang tercurah deras dengan batu di dasar sungai.“Airnya dingin. Ini seperti disemprot air saja,” ujar Anwar, seorang pengunjung asal Solok, Sumatera Barat.Seorang warga sekitar air terjun yang kerap bermain di lokasi itu, Adi, menyatakan, di balik air terjun terdapat goa. Tetapi, penduduk tidak berani memasukinya karena sulitnya menembus air terjun yang sangat deras tersebut.Air Terjun Telun Berasap berasal dari aliran sungai dengan hulu di Danau Gunung Tujuh. Air sungai itu berasal dari danau tertinggi di Asia Tenggara dengan ketinggian 1.905 di atas permukaan air laut.“Tiap hari selalu ada pengunjung yang datang melihat air terjun ini. Tetapi, paling ramai pengunjung tetap pada hari Minggu atau hari libur lainnya,” ujar seorang pedagang makanan di ujung jalan masuk kawasan wisata tersebut.

Air Terjun Telun berasap hanyalah satu dari 30 lokasi wisata alam di Kabupaten Kerinci. Beberapa yang sudah dikenal, di antaranya Gunung Kerinci, Danau Kerinci, Danau Gunung Tujuh, serta Air Panas Semurup dan Sungai Medang.

Sudah sejak lama kabupaten paling barat di Provinsi Jambi ini dikenal sebagai daerah tujuan wisata yang potensial. Alam Kerinci memiliki pesona yang sangat eksotik.

Bagi pengunjung yang sekadar ingin menyaksikan Sungai Penuh, ibu kota Kabupaten Kerinci, dan sebagian Danau Kerinci, misalnya, bisa melihatnya dari ketinggian di Bukit Kahyangan. Dari bukit yang terletak sekitar enam kilometer dari pusat kota ini keasrian danau dan kota jelas terlihat, tentu saja jika kawasan itu sedang tidak ditutupi kabut.

Adapun bagi pengunjung yang bermalam di Sungai Penuh dan ingin mandi air hangat, kompleks wisata Air Panas Semurup mudah dijangkau karena letaknya sekitar sembilan kilometer dari ibu kota Kerinci itu. Di kompleks air panas ini pengunjung bisa mandi di dalam bak-bak tertutup yang cuma memasang tarif sekali mandi Rp 1.000 per orang. Untuk masuk ke kawasan ini pun seorang pengunjung cukup membayar Rp 2.500.

Bagi pengunjung yang ingin sekadar menikmati kehangatan air panas yang konon berkhasiat menyembuhkan berbagai jenis penyakit kulit itu, bisa pula berendam di kolam yang selalu mengepulkan asap.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: